:
Ilmu Itu tuk berbagi Maka Amalkanlah...

Cara Membuat Class di Visual FoxPro

Agar pembuatan program aplikasi ini lebih cepat dan efisien maka anda bisa menggunakan class untuk membuat template objek., seandainya anda tidak menggunakan class tentu akan memakan waktu. Loh kok bisa ….? soalnya setiap anda membuat tombol yang sama pada form yang berlainan pasti anda akan membuat setting yang berulang-ulang. Bisa kok tanpa mengulang setting yaitu dengan cara copy paste dari objek yang telah kita buat, tapi bagaimana seandainya anda sudah membuat banyak form dan ternyata tombol yang kita buat ada perubahan… wahhh bisa dibayangkan repotnya kita copy paste tombol ke setiap form. dan hal ini kayaknya kurang efisien. Nah… agar lebih efisien kita bisa menggunakan class pada visual foxpro.

Dengan membuat class objek berarti kita membuat template objek. Sehingga sewaktu-waktu kita membutuhkan objek tertentu yang sudah kita buat dalam Class kita tinggal klik & drag semuanya sudah beres. Demikian pula seandainya kita ingin memperbaiki objek tersebut kita tinggal memperbaikinya di class designer. Secara otomatis perubahan yang telah kita buat akan berpengaruh objek class yang sudah aktif disetiapform.
Untuk membuat class sendiri dapat dilakukan pada Project Manager tab Classes. Klik tombol new, kemudian akan muncul jendela New Class.

Pada jendela New Class isikan nama class pada Name Class. Isikan objek apa yang akan anda buat pada Combo Box Based On Masukan di file class apakah yang akan kita simpan pada Store In. Untuk kumpulan class yang kita buat disimpan dalam satu unit file class dengan menggunakan ekstensi .VCX. Menggunakan Class , dari Project Manager kita tinggal klik & drag objek class ke dalam form designer.

0 komentar:

Posting Komentar

Berbagi itu indah, Salam kenal dari Putera Makassar...